English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

LombaKreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional tahun 2015

Kesempatan untuk berprestasi kembali dibuka untuk guru yang aktif inovatif dan kreatif diseluruh tanah air. Dalam rangka meningkatkan profesional guru, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik (Pusbangprodik), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kembali mengadakan "Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional". Dengan total hadiah untuk pemenang tlngkat nasional dan finalis sejumtah Rp.427.000.000,00 (empat ratus dua putuh tujuh juta rupiah).

Adapun tema LombaKreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional tahun 2015 adalah "Guru Kreatif dan Inovatif Mewujudkan Pembelajaran Berkualitas".

Tujuan lomba LKG 2015
  • Memfasilitasi, memotivasi, dan menginspirasi guru untuk mengkreasikan atau menciptakan mode[modeL pembelajaran terbaik,
  • Meningkatkan dan mengembangkan minat, bakat, kebiasaan, dan budaya guru dalam melakukan karya ilmiah / karya cipta yang inovatif secara baik dan benar.
  • Meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), serta media lainnya yang berbasis kearifan lokal dalam proses pembelajaran.
  • Mendesiminasikan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan mutu pembelajaran (best practices) sebagai rujukan bagi guru lainnya dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
  • Meningkatkan dan mengembangkan proses pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi, terampil, serta berkarakter dan berbudaya.
Ketentuan Lomba Kreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional Tahun 2015
  • Lomba bersifat perorangan.
  • Peserta hanya dibolehkan mengirimkan satu karya lomba sesuai dengan bidang tugas pokoknya sebagai guru kelas, guru mata pelajaran, atau guru bimbrngan konseling.
  • Hasil karya kreatif atau inovatif guru datam pembelajaran sesuai dengan ruang Lingkup lomba.
  • Pernyataan penulis, bahwa karya tersebut seluruhnya asli hasil karya sendiri, bukan plagiat, dan belum pernah diikutsertakan pada lomba lain dengan diketahui oleh kepala sekolah/atasan langsung (Lihat Lampiran)
  • biodata peserta (Lihat lampiran);
  • SK pengangkatan pertama menjadi guru PNS atau guru bukan PNS (guru tetap yayasan dan guru honorer pada sekolah negeri yang diangkat oLeh pejabat yang berwenang); dan Lembar pengesahan naskah homba dan kepala sekolah/atasan langsung.
  • Naskah lomba dkirim kepada panitia dengan ketentuan:
a. a. diketik menggunakan kertas ukuran A4 dengan ketikan 1,5 spasi, huruf  ukuran 12, jenis huruf Times New Roman; 
b. b dijilid dan diberi sampul:
1) warna hijau untuk guru TK,
2) warna merah untuk guru SD,
3) warna biru untuk guru SMP,
4) warna kuning untuk guru SMA,
5) warna merah muda untuk guru SMK, dan
6) warna putih untuk guru Sekolah Luar Biasa/Pendidikan Khusus (TKLB, SDLB, SMPLB dan SMALB); 
c.  kerangka umum penulisan naskah lomba karya inovatif/produk kreatif  (karya, karya seni dan olahraga) terdapat pada lampiran 
d. kerangka umum penulisan laporan hasil penelitian pembelajaran terdapat pada Lampiran
e wajib disertai dengan soft copy naskah lomba dan rekaman audio visuaL (VCD) karya pembelajaran kreatif dan inovatif menggambarkan isi karya Lomba.
f. untuk produk kreatif/inovatif berbentuk fisik yang digunakan dalam proses pembelajaran (misalnya karya dan hasil scan lain) wajib disertai foto dan deskripsinya.
g. pada pojok kin atas sampul dituLis “Lomba Kreativitas Guru Tahun 2015” dan Lingkup Lomba yang diikuti (hasil penetitian/best practices/karya inovatif)
h, bagi peserta yang ditetapkan sebagai finatis Lomba wajib membawa bahanpresentasi berupa fiLe dan rekaman audio visual (bendunasi maksimum 20 menit) disimpan daLam tlashdtsc, CD atau DVD, serta bahan pendukung Lainnya.

Total hadiah untuk pemenang tlngkat nasional dan finalis sejumtah Rp.427.000.000,00 (empat ratus dua putuh tujuh juts rupiah).

Naskah Lomba, soft copy naskah, rekaman audio visual, dan foto produk kreatif dan finalis menjadi mlttk Pusat Pengembangan Profest Pendidik, BPSDMPK dan PMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hadiah Lomba Kreativitas Guru (LKG) Tingkat Nasional Tahun 2015
  1. Total hadiah untuk pemenang tlngkat nasional dan finalis sejumtah Rp.427.000.000,00 (empat ratus dua putuh tujuh juts rupiah).
  2. Pajak hadiah ditanggung oleh finalis
  3. Pemenang I, II, dan Ill Tingkat Nasionat menerima piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan.
Naskah lomba dikirim sejak tanggal 2 Mel 2015 d tujukan kepada

Panitia Lomba Kreativitas Guru Tingkat Nasional Tahun 2015
Pusat Pengembangan Profesi Pendidik
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan Penjaminan Mutu Pendidikan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Alamat : Komplek Kemdikbud Gedung D Lantai 14
Jl. Jend. Sudirman Pintu 1 Senayan, Jakarta Pusat
Telp. 021 - 57974124