English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Standar Operasional Prosedur (SOP) Perpustakaan Bunga Bangsa

Salah satu hasil workshop peningkatan mutu pendidikan "Manajemen Sekolah Islam Bunga Bangsa" yang saya ikuti selama 3 hari, akhirnya saya sebagai pustakawan membuat dan menyusun SOP Perpustakaan yang baru untuk Perpustakaan yang saya kelola.

Salah satu aspek penting dalam mewujudkan birokrasi yang profesional, efektif dan efisien adalah dengan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pada seluruh proses Layanan Perpustakaan. Hal ini dinilai penting karena Standar Operasional Prosedur adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan SOP juga merupakan alat penilaian kinerja suatu unit kerja berdasarkan indikator indikator teknis, administrasif dan prosedural sesuai dengan tata kerja, prosedur dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.

Dengan adanya Standar Operasional Prosedur, penyelenggaraan administrasi perpustakaandapat berjalan dengan pasti. Berbagai bentuk penyimpangan dapat dihindari atau sekalipun terjadi penyimpangan di lingkungan internal, hal tersebut dapat ditemukan penyebabnya dan bisa diselesaikan dengan cara yang tepat. Apabila semua kegiatan sudah sesuai dengan yang ditetapkan dalam Standar Operasional Prosedur, maka secara bertahap kualitas pelayanan publik akan lebih profesional, cepat dan mudah.
Tujuan dari penyusunan dokumen SOP antara lain :
  • Memberikan pedoman bagi Perpustakaan dalam mengidentifikasi, merumuskan, menyusun, mengembangkan, memonitor serta mengevaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dilaksanakannya.
  • Menciptakan komitmen mengenai prosedur yang dikerjakan oleh satuan unit kerja i dalam mewujudkan good governance.

Adapun SOP yang sudah dibuat adalah sebagai berikut :
1. SUB Sistem Manajemen Mutu 
2. Pesan Kartu
3. Pinjam Buku
4. Layanan Sirkulasi Pinjam
5. Layanan Sirkulasi Kembali buku dan Denda
6. Gemar Membaca
7. Pengawasan Pengunjung
8. Pesan Buku untuk Koleksi
9. Pengadaan Bahan Cetak dan Non Cetak
10. Infaq Buku
11. Olah Buku Baru
12. Book Fair (Pameran Buku)
13. Informasi dan Dokumentasi



Jika pustakawan lainnya ingin mencetak dan mendowload SOP diatas silahkan klik dimasing-masing Prosedur diatas.

semoga bermanfaat dan semoga layanan perpustakaan terhadap pemustaka dapat lebih ditingkatkan.