English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Rambo the Rooster - Rambo si Ayam Jago A teaching media, a board game.


Ms Dyan Widya Agustina
Wali Kelas 2 Umar bin Khattab
SD Islam Bunga Bangsa Samarinda

Belajar sambil bermain. Bermain sambil belajar. Rambo the Rooster, adalah permainan board games sederhana untuk pembelajaran tematik yang menggabungkan materi literasi, materi pelajaran tematik di Kurikulum 2013 sesuai hasil pemetaan KD dan materi karakter : berintegritas.

Pekan ini, Rambo the Rooster kupakai pada proses remedial dan pengayaan. Materi ajar disusun berdasarkan pilihan materi yang perlu kutempatkan pada kolom yang tersedia dan kartu soal untuk dibacakan. Merangkum pelajaran bahasa Indonesia, matematika, PPKN dan SBDP, soal-soal berkisar sikap yang bersesuaian dengan Pancasila, pola pikir sehat saat bersikap dan bertindak, dan kemampuan memahami cerita dongeng atau fabel yang disiapkan guru. Landasan teori dari Quran yang kusiapkan pada RPP adalah Al Maidah ayat 2, tentang tolong menolong pada sesama manusia.

Proses uji coba sudah kumulai pekan ini. Anak-anak di kelasku antusias sekali. Meskipun harus antri. Permainan yang kubuat baru kusiapkan 1 seri. Idealnya dengan jumlah siswa 24, aku punya 5 seri dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Aku perlu kembali memetakan materi dan memilahnya agar pas untuk kebutuhan pembelajaran dengan pendekatan tematik.

Mengapa ayam jago? Aku sedang suka dengan tokoh ayam jago. Disimbolkan sebagai sosok yang disiplin, jujur, bertanggungjawab dan mandiri; aku menilai tokoh ayam jago tepat untuk menggambarkan tokoh-tokoh bidak dalam permainan pembelajaran ini.

Permainan pembelajaran adalah cara sederhana ramah anak, ramah guru, untuk dijadikan kendaraan menyampaikan materi pembelajaran, nilai hidup dan sikap yang baik.

#Learning for Life

Tidak ada komentar: