English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Temu Penulis Novel “Balada Si Roy dan Menggenggam Dunia” GOLA GONG


Dalam Rangka memperingati hari Aksara International dan Lounching TBM RA Media, Forum Taman Bacaan Kalimantan Timur mengadakan acara Temu Penulis Novel “Balada Si Roy dan Menggenggam Dunia” Bapak Gola Gong,  Pembina Forum Lingkar Pena, Penulis Skenario Film, Novel, dan Cerpen, Ketua PP Forum Taman Bacaan dan Pendiri Komunitas Rumah Dunia,  pada hari Senin, 07 Oktober 2013, jam 14.00 s/d 17.00 Wita bertempat di RA Media di Mall Mesra Indah. yang dihadiri oleh budayawan, guru, mahasiswa dan siswa(i) SMP dan SMK.

Megawali kegiatan temu penulis dan lounching TBM Ibu Sulis sebagai pemilik Taman Bacaan RA Media mengungkapkan harapannya agar semua pihak baik itu Remaja, Instansi Sekolah, dan lainnya, dapat mendukung taman bacaan yang ada dengan turut serta pada kegiatan yang diadakan TBM RA Media diantaranya wisata belajar, wisata literasi, mewarnai, menyusun puzzle, rekreasi buku,  dan lain sebagainya

"Harapan agar generasi penerus nantinya lebih gemar membaca dan mempunyai inisiatif dengan memanfaatkan sedikit uang saku untuk membeli buku dan membuat sudut baca dirumah, sehingga harapan Forum TBM 1 rumah satu sudut baca dan 1 desa 1 sudut baca dapat terwujud". Ucap Ibu Fitri Susilawati, SE (Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Kaltim dan Ketua DPP Inkindo Kaltim) dalam sambutannya.

Pada acara puncak Gola Gong  memberikan tip bagaimana memulai menulis dan mengatasi writer block. "Kebanyakan cerpen yang saya tulis adalah berdasarkan kisah nyata (pengalaman saya sendiri) dan memang ada bagian-bagian tertentu yang saya tambahi supaya jalan cerita bisa nyambung. Dan ada juga cerpen yang saya buat berdasarkan cerita yang dikisahkan oleh teman saya mengenai temannya.Ketika saya mengarang berdasarkan cerita tersebut saya mereka-reka bagaimana awal cerpen kira-kira. Intinya adalah bahwa memang ada bagian tertentu dalam cerita yang kita caplok dari kisah nyata". Ungkapnya.

Gol A Gong mengatakan, kegiatan hari ini merupakan salah satu upaya FTBM dalam membangkitkan minat menulis dan membaca pada generasi muda. Mulai Hari ini Isilah status facebook dan Twitermu dengan 5W1H (When, Where, Why, What, Who dan How) semisal "Perjalanan lintas air sepanjang sungai Mahakam membuat ragaku menjadi tenang ditemani oleh pujaan hati". jangan menulis alay dan kegalauan hati. dari status positif yang kamu buat kelak akan tercipta sebuah karya yang secara tidak langsung mengajarkanmu menjadi seorang penulis. 

Pada kesempatan ini Perpustakaan Bunga Bangsa Menyerahkan 3 Buku Sekolahku Awal Imajinasiku edisi 1, 2 dan 3 untuk koleksi Taman Bacaan Rumah Dunia. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca Rumah Dunia.

Sekilah tentang GOLA GONG

Bernama Asli HERI HENDRAYANA HARRIS (46 Tahun), bagi PEMBACA novel Balada si Roy dan Menggenggam Dunia pasti tidak asing lagi dengan nama Gola Gong. Pengarang novel yang dicetak lebih dari 100.000 kopi itu. Namun, bagi masyarakat Banten, Gola Gong bukan sekadar penulis yang telah menghasilkan sekitar 35 karya novel. beberapa  tahun belakangan, melalui komunitas yang diberi nama Rumah Dunia, ia membangun pusat belajar yang dirancang untuk mencetak generasi baru salah satu diantaranya dengan mengkampanyekan gerakan indonesia membaca  

Menggenggam Dunia, salah satu terbitan dalam Seri Rumah Dunia, menceritakan pergulatan dan angan-angan Gong. Menjadi cacat sejak usia 11 tahun tak membuatnya berhenti bermimpi. Bahkan dengan satu tangan, ia sempat menjadi atlet badminton dan mengunjungi 8 negara Asia sambil terus menulis.

Kecintaannya pada dunia tulis menulis berbuah pada berdirinya Rumah Dunia-rumah sekaligus dunia yang membawa perubahan mendalam bagi tukang gorengan, pemulung, anak petani, serta tamatan SD hingga mampu menggenggam dunia - Perubahan lewat kekuatan kata