English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Sabtu Silaturahmi SD Islam Bunga Bangsa

Sabtu 24 Agustus 2013, bertempat di kediaman Kepala Sekolah SD Islam Bunga Bangsa Bapak Drs. Supriyadi, SE, berlangsung kegiatan Sabtu Silaturahmi yang dihadiri oleh guru dan Karyawan Islam Bunga Bangsa. Dengan agenda  rapat rutin mingguan yang mana setiap waka menyampaikan agenda kegiatan satu minggu kedepan.

Pada kesempatan sasi kali ini Bapak Supriyadi menyampaikan Himbauan dan harapan Bapak H.M. Rusli agar disetiap unit selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan merawat lingkungan sekolah seperti merawat diri sendiri.

Untuk materi ceramah agama  kali ini mengangkat tema  "Keutamaan Silaturrahmi", yang dibawakan oleh Ustadz Muhammad Saji' 

Dari Abu Hurairah, Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
"Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi." (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557)

 Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam pernah ditanya tentang amalan yang dapat memasukkan ke dalam surga, lantas Rasul menjawab,

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ
"Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat)." (HR. Bukhari no. 5983)

Dari Abu Bakroh, Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ ذَنْبٍ أَجْدَرُ أَنْ يُعَجِّلَ اللَّهُ تَعَالَى لِصَاحِبِهِ الْعُقُوبَةَ فِى الدُّنْيَا - مَعَ مَا يَدَّخِرُ لَهُ فِى الآخِرَةِ - مِثْلُ الْبَغْىِ وَقَطِيعَةِ الرَّحِمِ
"Tidak ada dosa yang lebih pantas untuk disegerakan balasannya bagi para pelakunya [di dunia ini] -berikut dosa yang disimpan untuknya [di akhirat]- daripada perbuatan melampaui batas (kezhaliman) dan memutus silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat)" (HR. Abu Daud no. 4902, Tirmidzi no. 2511, dan Ibnu Majah no. 4211, shahih)

Jalinlah silaturahmi karena silaturahmi akan memperpanjang umur dan memudahkan rejeki.  Silaturahmi kita jalin tak hanya yang ada didunia saja tapi juga silaturahim dengan yang sudah meninggal untuk selalu mengingatkan kita pada kematian.  ucap Ustadz Satran Maehadi, menyimpulkan isi ceramah kali ini.