English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Konferensi Perpustakaan Digital 6 (KPDI 6), Malang 12-14 Nopember 2013



Malang, 12-14 November 2013

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membuka peluang bagi setiap perpustakaan konvensional untuk mulai membangun koleksi bahan perpustakaan digital yang akan dilayankan kepada para pemustaka. Teknologi jaringan juga membuka peluang bagi perpustakaan untuk memanfaatkan bersama (sharing) sumber informasi digital yang dimiliki, yaitu dengan menyediakan akses bagi perpustakaan lain ke koleksi digital miliknya dan sebaliknya mengakses koleksi digital milik perpustakaan lain. Dengan demikian peluang suatu perpustakaan untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka masing-masing semakin besar. Peralihan dari tahap pengembangan koleksi digital yang berdiri sendiri ke tahap pengembangan jejaring 'perpustakaan digital' untuk pemanfaatan bersama sumber informasi yang dimiliki tentunya bukan merupakan proses yang sederhana. Salah satu prasyarat yang harus dipenuhi agar jejaring perpustakaan digital dapat beroperasi sebagaimana yang diharapkan adalah terwujudnya interoperabilitas antarperpustakaan anggotanya. Selain itu, standardisasi metadata juga diperlukan sebagai syarat lain terbentuknya jaringan perpustakaan digital. Jika kedua prasyarat tersebut terpenuhi maka akan terbentuklah jaringan perpustakaan digital dengan jangkauan koleksi yang luas yang kemudian akan disebut sebagai e-Resources.

Tema
e-Resources: availability, visibility, and accessibility

Tujuan
Saat ini di Indonesia telah terbentuk beberapa jaringan-jaringan perpustakaan digital, baik yang dibangun berdasarkan kesamaan jenis perpustakaan, layanan, maupun koleksinya. Melalui KPDI-6 diharapkan akan semakin terbangun kesadaran para pengelola perpustakaan mengenai e-Resources dalam rangka menyediakan bahan perpustakaan digital yang lengkap dan mudah untuk para pemustaka.

Peserta
- Pengelola berbagai jenis perpustakaan
- Pustakawan dan tenaga perpustakaan di perpustakaan umum, khusus dan
  perguruan tinggi
- Akademisi, peneliti, pengajar dan mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi
- Penerbit
- Perusahaan penyedia informasi (information providers)
- Seluruh stakeholders dalam bisnis multimedia

Tempat Penyelenggaraan
Hotel Harris Malang
Jalan Jenderal A. Yani Utara C-1
Malang, Jawa Timur
Phone : +62341-419000 , 299 2299
Fax : +62341-417713, 299 2288
Email: sales@harris-malang.com


Abstrak makalah/artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dengan jumlah  minimal 500 kata atau tidak lebih dari 1 halaman. Tidak termasuk judul dan bagian judul (afilisasi dan alamat email). paling lambat tanggal 16 Agustus 2013 Penyerahan dalam bentuk pdf / word (besar file maximal 4MB), dan dikirimkan langsung ke sekretariat melalui email kpdi6@pnri.go.id.
Pemberitahuan tentang makalah yang terpilih akan diberitahukan lewat email.