English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

UN, Aku Pasti Bisa...!"


Tidak terasa bulan April telah datang.  dan tentunya seluruh siswa(i) SD mulai diliputi perasaan was-was apalagi dengan standar kelulusan yang setiap tahunnya mengalami kenaikan terus menerus. untuk itu  dalam menghadapi UN bulan Mei 2013 nanti siswa siswi Bunga Bangsa akan disuguhkan dengan materi soal hingga satu bulan kedepan. Ucap Ibu Yenny Dwi Sefiati, S.S


Berikut beberapa trik untuk para siswa-siswi  yang akan menghadapi UN



 DOA
Sudah pasti doa tidak boleh ditinggalkan oleh seluruh umat beragama. Begitu juga dengan siswa SMA yang akan mengahadapi UAN. Kekuatan Doa pengaruhnya banyak lho! Tapi jangan lupa doa jangan hanya dilaksanakan pada saat mau UAN saja atau sedang menghadapi permasalahan tapi harus dilakukan setiap harinya dan adanya restu dari orang tua.

BELAJAR DENGAN RAJIN
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan setelah berdoa adalah dengan belajar yang rajin. Karena tanpa belajar yang giat dan keras tidak akan mungkin  mencapai nilai yang terbaik.

 LES TAMBAHAN
Mungkin ide ini cukup membantu kesulitan-kesulitan kamu disekolah. Biasanya kalau ada pelajaran yang kurang mengerti, di tempat les, tambahan ini dapat membantu.

PERSIAPAN ALAT TULIS UNTUK UAN
Memang alat tulis terdengar hal yang paling simple dibandingkan dengan yang lainnya. Tapi hal ini juga perlu diperhatikan, karena alat-alat tulis yang harus dipakai sesuai dengan kriteria untuk ujian. Hati-hati yang dalam memilih perlengkapan alat tulis juga, akibatnya bakalan fatal, lho!

PERCAYA DIRI
Sikap seperti ini perlu ditanamkan, apalagi menjelang UN terkadang kita merasa kurang PD dengan kemampuan yang kita miliki. Biasanya perasaan kurang PD ini dapat dirasakan sekali pada saat UN berlangsung.

HINDARI MENCONTEK
Masalah mencontek sepertinya sudah tidak aneh lagi pada saat ujian berlangsung. Kita mulai tidak yakin dengan jawaban yang kita miliki dan mulai timbul niat untuk melihat jawaban dari teman yang berada di sekitar untuk menyakinkan jawaban kita sendiri. Hal yang paling buruk lagi apabila kita langsung ditindak oleh pengawas karena ketahuan mencontek.

BELAJAR KELOMPOK
Kegiatan belajar kelompok ini bisa menjadi ide yang menarik juga. Mulailah bentuk kelompok-kelompok belajar bersama dengan temen sekelas kamu dengan bersama-sama membahas kisi-kisi materi soal UN. Dengan adanya kebiasaan seperti ini dapat menimbulkan rasa kebersamaan dengan temen lebih dekat dan merasa sudah seperti keluarga/team.


TELITI DALAM MENGISI LJK
Hal ini patut diperhatikan juga pada saat Try Out atau UN berlangsung dalam mengisi LKJ dibutuhkan ketelitian dan nggak boleh jorok juga dalam mengisinya. Kenapa? Karena LKJ ini sangat sensitif banget, hasilnya itu dapat dilihat pada saat di-scan.

Nah, itulah beberapa tips dan trik dalam menghadapi UN semoga dengan tips diatas anak-anak tetap semangat  dalam menghadapi UN nanti. Mulai hari ini mari persiapkan apa yang dapat kalian lakukan dan sisanya Allah yang menentukan segalanya.