English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Nonton Bareng dengan Tema "My Neighbor My Family"

Suasana "NOBAR" di Perpustakaan
Jum'at, 05 Oktober 2012, bertempat di Ruang Perpustakaan Siswa TK Kelompok B dan Play Group Bunga Bangsa Islamic School mengadakan nonton bareng yang merupakan salah satu aplikasi pembelajaran berkarakter yang menjadi program rutin sebulan sekali. NOBAR kali ini mengambil tema "My Neighbor My Family".

Tujuan dari pembelajaran kali ini agar siswa lebih memahami  Bagaimana kedudukan tetangga dalam islam, memuliakannya dan memberikan sesuatu yang menjadi haknya. Ternyata memuliakan tetangga merupakan sebuah bagian dari keimanan seseorang. 

Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam sudah menyebutkan demikian. Dalam sebuah hadits shahih disebutkan bahwa salah seorang dari kita tidak akan beriman kepada Alloh Subhanahu wa taala dan hari akhir sampai ia berbuat baik kepada tetangganya.
Adapu macam tetangga itu ada 3 macam, dan kita memperlakukannya harus dengan baik, meski ada sedikit perbedaan.

Pertama adalah tetangga muslim, maka ia mempunyai hak tetangga dan hak sesamA muslim. Terhadap tetangga ini banyak hal yang wajib kita lakukan. Seperti memberikan salam, memenuhi undangan, menjenguk kalau sakit, dan sebagainya. Selain itu dia juga harus mendapatkan hak sebagai tetangga. 
Kedua adalah tetangga musyrik. Maka ia hanya mendapat hak sebagai tetangga. Salah satunya adalah kita tidak membuat dia terganggu atas ulah kita baik secara kata-kata maupun secara perbuatan kita. Meskipun ia musyrik kita tetap tidak boleh menyakitinya. Sahabat ibnu umar sendiri pernah menghadiahkan sebuah kambing sembelihan terhadap tetangganya yang musyrik, seorang yahudi. 

Ketiga adalah manakala tetangga kita itu adalah seorang saudara kita. Selain mendapatkan hak tetangga dan hak muslim dia mendapat hak sebagai saudara kita atau Keluarga kita. Semoga kita mampu berbuat baik kepada tetangga kita.

♥Serunya mendapat kunjungan anak-anak kali ini, semoga bermanfaat.♥