English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Kegiatan Pembelajaran Karakter dan Tematik

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah memuji ilmu dan orang yang berilmu, serta menganjurkan hamba-hamba-Nya untuk membekali diri mereka dengan ilmu. Bahkan setiap muslim telah diwajibkan oleh Allah untuk mempelajari ilmu, Rasulullah shallllahu ‘alaihi wasallam berkata: 
Artinya:” Menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim”. (Shahihul Jami’ 3913)

Hal inilah yang melandasi siswa siswi kelas 6 SDIBB untuk serius membekali dirinya dengan berbagai ilmu yang diberikan oleh ustadz dan ustadzahnya. Belajar boleh dilakukan dimana saja. Termasuk di pasar tradisional seperti Pasar Segiri 2. Tujuan dari kegiatan ini sendiri agar siswa bisa berinteraksi secara langsung mencari zat makanan yang biasanya  mereka konsumsi dan bisa memanage uang untuk mencari makanan sehat dengan dana seminim mungkin. serta siswa belajar mempresentasikannya didepan kelas.


Pada bimbingan Sukses UN 2012, mereka sudah mendapatkan materi mengenai zat makanan. Seperti Protein, Karbohidrat, Vitamin, Mineral, dan lemak. Pada tantangan kali ini, mereka tidak menghafalkan materi yang dimaksud, melainkan mereka harus berbelanja. Lho? Kok belanja? Ya, dan mereka benar-benar belanja. Mereka harus membeli bahan makanan yang mengandung 5 unsur zat makanan dengan modal maksimal tiga ribu rupiah masing-masing anggota kelompok, dalam waktu 20 menit. Setiap kelompok terdiri dari 3 sampai 4 orang. Acara tawar menawar dan nepotisme sudah tidak bisa terelakkan lagi.

“Ustadzah, saya boleh nawar nggak?” tanya Yoga Arta Nugraha.
“Ustadzah, di pasar ada tetangga saya,” kata Bagas.
Belum lagi ada yang mencoba mengangkat seragam sekolahnya.
“Masa sama anak sekolah jualnya mahal?” kata seorang siswa, entah siapa yang bersuara. Pokoknya segala cara mereka lakukan untuk mendapatkan bahan yang dimaksud.
“Eh, proteinnya belum dapat nih!” kata kelompok A
“Cepat beli kalsium,” ujar kelompok yang lain.

Para asatidzah hanya mengawasi kegiatan para siswa. Setelah mendapatkan bahan makanan, mereka segera kembali ke sekolah. Selanjutnya presentasi di depan kelompok, dengan harapan mereka dapat lebih faham materi zat makanan yang merupakan salah satu indikator soal SKL 2012. Semangat terus ya J














Ditulis Oleh : Susilawati S.Pd (korjen Kelas 6)
Photography by :  Dadang Chandra Lesmana, S.Pd & Nu'man Abdullah, S.Pd (Wali kelas 6)

Tidak ada komentar: