English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Mari..!, "Budayakan Kebersihan"


Lingkungan yang jorok berarti menandakan pikiran manusia yang ruwet. Mari kita perhatikan lingkungan Sekolah kita sudahkah kita membuang sampah kemasan bekas makanan pada tempatnya ?, apakah dengan lingkungan kotor membuat kita nyaman...?, ataukah iman kita begitu kecil untuk memelihara kebersihan lingkungan di sekitar kita???

Agama tidak pernah mengajarkan kita untuk “melukai” lingkungan kita. Agama tidak pernah mengajarkan kita untuk “menodai” bumi ini. Tetapi agama mengajarkan kita untuk menjaga dan memelihara lingkungan kita. Mari kita bersama – sama menjaga dan memelihara bumi ini. Mari kita menjaga kebersihan lingkungan kita. Dimulai dari diri kita sendiri, lingkungan rumah kita ke lingkungan yang lebih luas.


Kata – kata itu telah sering kita dengar. Namun bagaimanakah pengaplikasian kata – kata tersebut dalam kehidupan kita sehari – hari. Sering kita jumpai lingkungan yang kotor di sekitar kita. Pengaplikasian kita dalam mewujudkan kata – kata tersebut masih sangat kecil. Seringkali kita secara sadar membuang bekas minum atau makanan hanya karena tempat sampah yang jauh. Tahukah anda bahwa kebersihan lingkungan kita mempunyai banyak manfaat? Beberapa diantaranya adalah dapat menimbulkan rasa aman dan nyaman, dan meminimalisir terserang berbagai macam penyakit. Lingkungan yang kotor merupakan pemicu dari berbagai macam penyakit 

Diriwayatkan dari Malik Al Asy’ari dia berkata, Rasulullah saw. bersabda : Kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan subhanallahi walhamdulillah memenuhi kolong langit dan bumi, dan shalat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al Quran adalah pedoman bagimu.” (HR. Muslim)

Dalam hadist ini dinyatakan kebersihan sebagian dari iman. Hal ini bisa kita kita ambil kesimpulan bahwa keimanan seseorang akan menjadi lengkap apabila seseorang tersebut dapat menjaga kebersihan. Dengan kata lain orang tidak menjaga kebersihan maka keimanannya masih belum sempurna. Dalam hadis ini menegaskan kebersihan bagi umat Muslim merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diterapkan. Bagaimana dengan kita???

Mari kita jaga kebersihan bumi. dimulai dari lingkungan sekolah kita. 
Karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.