Mendekati materi geometri dengan menggunakan benda-benda di sekitar anak-anak, adalah salah satu cara untuk merekatkan memori pembelajaran lebih lama dibandingkan dengan penjelasan semata.
Mempraktikkan sendiri, menemukan sendiri, dan merancang sendiri bagian-bagian sebuah bangun ruang, menentukan jumlah sudut dan rusuknya. Hari ini aku dan anak-anak di kelasku, membuat bangun kubus dengan menggunakan takokak dan tusuk gigi.
Model sederhana kubus buatan sendiri ini, kemudian mereka analisa. Berapa takokak yang diperlukan, untuk mewakili sudut, dan berapa tusuk gigi yang dipasang, untuk mewakili rusuk. Beberapa anak mampu menyelesaikan model kubus dan menentukan jumlah sisi, sudut serta rusuk dengan segera, tanpa waktu lama. Beberapa lainnya masih menerka dan mereka-reka.
Pekan ini, kami mulai belajar tentang bangun ruang. Akan kutemukan cara-cara sederhana selama belajar bersama anak-anakku untuk menemukan solusi terbaik dari gaya belajar mereka yang sangat aktif. Memberi mereka tantangan salah satunya. Sibuk dengan bagaimana menemukan jawaban dari masalah yang diberikan pada mereka, dan hari ini kumulai dengan takokak+tusuk gigi.
Target hanyalah target, tetapi dalam proseslah kenikmatan dan keindahan diperoleh - DGL.
Wali kelas 2 Abu Bakar Ash Siddiq
SD Islam Bunga Bangsa Samarinda
SD Islam Bunga Bangsa Samarinda