English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Mencari Arti Kata Sulit Menggunakan Kamu Besar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 4

Selama dua hari Siswa(i) Kelas 4 mengadakan kegiatan pembelajaran di Ruang Perpustakaan dengan memanfaatkan Kamus Besar Bahasa Indonesia untuk mencari kata-kata sulit pada Pembelajaran Tematik Tema 6  "Indahnya Negeriku" bersama guru pembimbing Ibu Novi Handayani, S.Kom Wali Kelas 4 Al-Haitsam dan Ibu Alfiani, S.Pd Wali Kelas 4 Al-Batani.

Sistem penggunaan Pencarian materi menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia di bagi perkelompok, manfaatnya adalah untuk membiasakan siswa bekerjasama mencapai tujuan mereka, dua orang siswa bertugas mencari di Kamus dan yang lainnya menuliskan di buku arti kata yang telah mereka dapatkan. Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata. Ia berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru.

Berdasarkan pengertian kamus yang dikemukakan oleh beberapa ahli di atas, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
  • kamus termasuk buku referensi yang berisi kata-kata atau gabungan kata dari suatu bahasa;
  • kata-kata tersebut disusun secara alfabetis;
  • kata-kata tersebut diberi keterangan tentang makna dan penggunaannya;
  • kata itu selain diberi keterangan maknanya, juga diberi keterangan tentang ucapannya, ejaannya, dan pelbagai hal lain;
  • keterangan tentang makna itu diberikan juga dalam bahasa lain;