English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Panen Sayur Bersama Siswa(i) SD dan TK Islam Bunga Bangsa


Senin, 2 Desember 2013, bertempat di area parkir belakang sekolah Islam Bunga Bangsa berlangsung kegiatan Panen Sayur bersama yang dihadiri Oleh Bapak H.M Rusli dan Ibu Sri Ana, Rombongan Dinas Pendidikan UPTD Samarinda Utara dan Bapak Arifin selaku penanggung jawab CSR PT. East West Seed Cap Panah Merah.

"Luar Biasa",  itulah salah satu kalimat yang disampai Oleh Bapak H.M Rusli membuka sambutannya pada acara panen kali ini. "Sesuatu yang paling ditunggu saat kita menanam adalah memanen, hal yang sempat saya ragukan karena melihat kondisi tanah yang keras dan penuh dengan bebatuan" Ucap Pak Rusli

Dalam kesempatan ini Bapak H.M.Rusli menceritakan pengalamannya diundang disuatu sekolah yang berada di Australia, dimana saat itu beliau menyaksikan anak-anak memasak terong hasil tanamannya sendiri, ternyata apa yang ditunjukkan kepada beliau merupakan akhir dari sebuah proses awal, yang dimulai dari menanam benih, memberi pupuk, hingga memelihara buah, memanen dan yang terakhir memprosesnya untuk dapat dikonsumsi. semua proses ini akan berkesan dimemori anak-anak, dan menjadi suatu kebanggaan bagi diri mereka sendiri.. beliau juga menceritakan usahanya menanami lahan yang ada dengan pepaya, dan telo tapi tidak tumbuh, karena menanam itu memerlukan sebuah proses tanam, pupuk dan dipelihara dengan kasih sayang. "Semoga Program ini akan berkelanjutan dan jika bisa lahan yang ada diperluas sehingga hasil panen bisa lebih banyak", Ucap Beliau
Kegiatan penanaman ini merupakan sebuah program 100 untuk 300 yang dicanangkan oleh PT. East West Seed yaitu program menyisihkan Rp.100 untuk membangun 300 lahan perkebunan disekolah-sekolah di Seluruh Indonesia. dan Bunga Bangsa adalah salah satu dari dua sekolah yang terpilih di Wilayah Kecamatan Samarinda Utara untuk menjalankan program ini, dan alhamdulillah sekolah menyediakan lahannya seluas 10 meter sehingga program kami ini bisa terlaksana. Ucap Bapak Arifin.Tujuan dari kegiatan ini tak lain untuk memperkenalkan sayuran sejak dini dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu mengkonsumsi sayuran.

Dalam kesempatan terpisah Bapak Drs.H.Supriyadi,SE menyampaikan kegiatan positif sekolah seyogyanya selalu diwadahi dan didukung, dan progyam yang sudah berjalan baik tetap terus dijalankan sehingga dampak positifnya dapat dirasakan oleh seluruh civitas sekolah. keterlibatan anak-anak dalam proses menanam lebih ditingkatkan kalau perlu hingga proses akhir dimana anak-anak mengkonsumsi makanan hasil tanaman yang mereka tanam dan olah sendiri seperti keinginan Bapak H.M.Rusli. semisal siswa kelas 5 menanam, siswa kelas 4 merawat, siswa kelas 3 dan 2 memanen, siswa kelas 6 yang mengolah dan siswa kelas 1 yang menikmati hasil akhirnya. sehingga aplikasi pembelajaran kurikulum 2013 seperti yang disampaikan Bapak Rahyul dapat dijalankan.

"Dengan adanya kegiatan ini, anak-anak dapat lebih menghargai jasa petani, bahwa tanpa mereka kita tak dapat menikmati beras dan sayuran yang dikonsumsi setiap harinya. Diknas akan selalu mendukung kegiatan positif yang dilaksanakan oleh sekolah utamanya yang berada diwilayah Samarinda Utara", Ucap Bapak Rahyul Azzemi, S.Pd, M.Psi Kepala UPTD Kecamatan Samarinda Utara.

Saat menutup sambutannya Bapak H.M. Rusli menyampaikannya rencananya membangun penggemukan hewan Sapi dan Kambing yang berlokasi dekat dengan asrama SMA Islam Bunga Bangsa yang akan direalisasikan bulan Januari 2014 Mendatang, kelak ini merupakan bagian dari pembelajaran disekolah yang ada dilingkungan Yayasan Bunga Bangsa, dimana siswa nantinya boleh memberi makan hewan secara langsung dan melihat apa dan bagaimana sebuah peternakan yang sesungguhnya.