English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Pelatihan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai luhur bangsa oleh Prof. Dr. Wahjoedi, M.E.

Dokumentasi : Djordhy

Bertempat di Aula Serbaguna SMA Islam Bunga bangsa Yayasan Bunga Bangsa  melaksanakan pelatihan "Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai luhur bangsa oleh Prof. Dr. Wahjoedi, M.E". 

Kegiatan ini dilaksanakan jelang peringatan hari pahlawan 10 Nopember 2013 dan Terdorong oleh keprihatinan didunia Pendidikan pada khususnya.Yang mana akhir-akhir ini masyarakat sering disuguhi berita oleh berbagai media massa cetak dan elektronik tentang fenomena perilaku sebagian masyarakat yang membuat semua pihak prihatin utamanya di kalangan pelajar. misalnya, ada fenomena ketidakjujuran dalam mengerjakan ujian nasional. Di kalangan anak-anak muda, banyak di antara mereka yang kurang menghargai orang tua ataupun guru. Ada pula berita-berita tentang keterlibatan pemuda dan pelajar pada perbuatan-perbuatan melanggar hukum serta lunturnya rasa malu melakukan perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai sosial dan agama, Kekerasan dan tawuran antarpelajar, bahkan antarmahasiswa ataupun antarkelompok masyarakat, juga tak jarang kita jumpai beritanya. Perilaku reaktif dan emosional secara berlebihan, yang kadang-kadang hanya dipicu oleh hal-hal sepele; amuk massa secara beringas melawan aparat, atau unjuk rasa yang berbuntut perilaku anarkis sering kita saksikan beritanya.

Pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja sama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara dan membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan.