English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Studi Banding ke sekolah Inklusi di Bandung

SD Gagas Ceria
 Ditulis oleh : Nelma, S.Pd

Selama 2 hari kami (Ibu Sri Sulandjari dan Saya Sendiri) mengadakan kunjungan ke sekolah Inklusi yang berada di kota Bandung diantaranya  adalah  SD Mutiara Bunda, Jl. Arcamanik Endah 3 Cisaranten, Bandung  (Selasa 19 Februari 2013) dan SD Gagas Ceria Jl. Malabar 80 – 84 Bandung (Rabu 20 Februari 2013)


Latar Belakang pelaksanaan kunjungan

Pendidikan inklusi adalah termasuk hal yang baru di Indonesia umumnya. Ada beberapa pengertian mengenai sekolah inklusi, diantaranya adalah sekolah yang menggabungkan layanan pendidikan khusus dan regular dalam satu system persekolahan. Siswa berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan khusus sesuai dengan potensi masing-masing dan tetap belajar bersama siswa regular.


SD Mutiara Bandung
Peluncuran sekolah inklusi merupakan tonggak baru bagi dunia pendidikan di Indonesia. Kebijakan sekolah inklusi ditempuh guna meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan hak belajar yang sama dengan siswa sekolah regular. Hal ini sejalan dengan visi pendidikan Education For All tuntas berkualitas.

Atas dasar itulah Yayasan Bunga Bangsa tertarik untuk mempelajari sekolah inklusi lebih maksimal lagi. Sebagai langkah awal diadakannya kunjungan ke sekolah-sekolah inklusi yang berada di daerah Bandung. Diharapkan hasil kunjungan kebeberapa sekolah tersebut dapat menambah pengetahuan bagi sekolah Bunga Bangsa Samarinda khususnya pada program sekolah Inklusi.

Tujuan kunjungan  : tersebut adalah untuk mencari informasi-informasi tentang pendidikan di sekolah inklusi terkait dengan system atau teknis dalam pengelolaan sekolah inklusi, kurikulum, proses belajar mengajar, program tambahan, pembekalan para pendidik , dll sebagai perbandingan dan pertimbangan Yayasan Bunga Bangsa dalam menyusun program sekolah inklusi di Sekolah Islam Bunga Bangsa.