English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Speaking English, Ada Yang Bersedia Menjadi Lawan Bicara?

Penulis : Dyan Widya Agustina, GradDip TESoL MA  

(Catatan dibalik kegiatan belajar Bahasa Inggris untuk guru dan karyawan Sekolah Bunga Bangsa Samarinda periode Juli – September)

Proses pembelajaran Bahasa Inggris untuk guru dan karyawan di Sekolah Bunga Bangsa sudah mencapai pertemuan 20 kali-an. Pada tahapan ini, peserta belajar diharapkan sudah mampu diajak berkomunikasi dan berbagi cerita dalam Bahasa Inggris dengan beberapa topik yang telah dipelajari, dengan menggunakan materi ajar dan kosakata yang telah dikuasai selama pembelajaran.

Mulai Senin, 15 Oktober 2012, beberapa guru akan mengenakan pin Speak English With Me Please, selama berada di lingkungan sekolah dan wajib mendapatkan sedikitnya 5 orang untuk diajak berbicara sebelum boleh melimpahkannya kepada rekan guru lainnya, dibuktikan dengan adanya tanda tangan pada kartu yang akan disediakan. Kartu ini sebagai tanda dan bukti semacam ‘praktek berbicara’ . dimohon semua warga sekolah dapat membantu proses talk-touch ini untuk menghidupkan keberanian dan kepercayaan diri berbicara dalam bahasa Inggris untuk pengajar dan karyawan Sekolah Bunga Bangsa.

Kelompok belajar 3 pertemuan 16. Venue : Cordova. Materi : DESCRIPTION.
Nur Hakimah, Selly Rosalina Indah, Hilda Ramli, Ilyana, Nina Faidariani, Wiwik Agustin, Weni Herera,
Iin Sulastri, Sunarti, Siti Daulitah, Murni Hayati, Arifin Nurdin, Marvarid Jani
Sebagai catatan, kemampuan dan ketercakupan materi setiap kelompok sangat beragam. Contohnya kelompok 1 baru saja melampaui materi habits atau kebiasaan, sehingga topik yang kemungkinan mampu digunakan sebagai panduan adalah topik 1 (Famous People) sampai dengan topik 5 (Experience). Sementara kelompok 2 dan 3 diharapkan telah mampu berdiskusi dan berbicara dengan topik 1 (Famous People) sampai dengan 10 (Family Life). Tanpa mengurangi keterkaitan peserta belajar dengan materi ajar, para guru yang mengenakan pin, diperkenankan untuk berbicara dan berbagi dalam topik atau tema lain, menurut kesanggupan perseorangan. Adapun daftar topik yang telah dikuasai, materi pelajaran yang diperlukan dan dapat dijadikan panduan dalam proses berbicara-berbagi tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Famous People (numbers, alphabets, vocabulary on parts of body, description, adjectives and rules, awareness of maximum stress in sentence, compliments, gestures)
  2. Famous Places (numbers, alphabets, description, adjectives and rules, names of public places, awareness of stress in a sentence, compliments)
  3. Favorites (numbers, alphabets, simple past tense, public places, vocabulary of foods, vocabulary of parts of body)
  4. Education (Cheat, I hated Math, did you? Simple Past Tense, the use of would)
  5. Experience (The best years in my life, I hated Math, did you? Simple Past Tense, The use of would, what can you remember, Je ne regrette rien)
  6. Habits (Simple Past Tense, when was the last time you… vocabulary on habits)
  7. Food and Drink (sequences, procedures, adjectives for foods, prices, description, recipes)
  8. Buying Things (numbers and alphabets prices, adjectives for foods, buying and selling phrases, descriptions, when was the last time you…)
  9. Health and Nutrition (Simple past tense, vocabulary on health and energy, when was the last time you… description)
  10. Family Life (numbers and alphabets, simple past tense, what can you remember, vocabulary on family members, the use of agree and disagree, description, rules of placing adjectives)
Kelompok belajar 2 pertemuan 18.Venue : playground. Materi : Health and Energy.
Yosimar Akbar, Sufiyah, Anni Murtafi Amna, Suci Rani Fatmawati, Lathifah,
Diah Meidiarti, Wulandani Rorinsa, Tri Yuliantini.
Kelompok belajar 8. Guru playgroup dan TK Islam Bunga Bangsa. Pertemuan 23.
Venue : Kelas B2. Materi : Sequences-RECIPES.
Semoga niat, keinginan dan kesungguhan belajar bahasa Inggris para guru dan karyawan di Sekolah Bunga Bangsa ini dinilai dan dihitung Allah sebagai ibadah. Aamiin.