Pada hari senin, 08 Oktober 2012, bertempat diruang perpustakaan sekolah islam bunga bangsa, berlangsung pelatihan Manajemen kelas yang diikuti oleh Guru SD dan SMP Islam Bunga Bangsa sebanyak ± 28 guru. dengan pemberi materi oleh Konsorsium Pendidikan Islam Surabaya. Adapun tujuan dari pelatihan ini agar guru menjadi paham dan mengerti Bagaimana memposisikan diri didalam satu lembaga termasuk penerapan ke anak-anak dikelas. dengan kerjasama yang kompak tujuan pembelajaran bisa tercapai.
Materi Pelatihan disampaikan oleh : Ustadz Misbachul Munir, S.Pd dan Drs. Edi Setyatmoko, MM
Manajemen kelas merupakan bagian
integral pengajaran efektif yang mencegah masalah perilaku melalui
perencanaan, pengelolaan, dan penataan kegiatan belajar yang lebih baik,
pemberian materi pengajaran yang lebih baik, dan interaksi guru siswa
yang lebih baik, membidik pada pengoptimalan keterlibatan dan kerjasama
siswa dalam belajar. Teknik kontrol perilaku atau pendisiplinan pada
akhirnya akan tidak terlalu efektif karena teknik tersebut tidak
mendorong perkembangan disiplin diri atau tanggung jawab anak sendiri
atas tindakannya. Untuk Itu Nilai-nilai dan ketrampilan sosial harus diajarkan dan
dicontohkan oleh guru yang bersangkutan.
Seorang pendidik atau guru perlu menguasai banyak faktor yang
mempengaruhi motivasi, prestasi dan perilaku siswa mereka. Lingkungan
fisik di kelas, level kenyamanan emosi yang dialami siswa dan kualitas
komunikasi antar guru dan siswa merupakan faktor penting yang bisa
memampukan atau menghambat pembelajaran yang optimal. Guru bertanggung
jawab untuk berbagai siswa, termasuk mereka dari keluarga yang
mampu atau kurang beruntung, atau mereka yang berasal dari kelompok minoritas etnis, bahasa, mereka dengan berbagai kesulitan atau kecacatan
belajar. Tak satupun dari situasi atau faktor ini harus menyebabkan
masalah pendidikan, namun anak-anak ini mungkin beresiko mendapatkan
pengalaman sekolah yang negatif dan tak bermakna jika guru tidak
responsif terhadap kebutuhan dan kemampuan mereka atau mampu menggunakan
pengajaran dan strategi kelas yang efektif dan disesuaikan menurut
individu