English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Pelatihan Konservasi dan Preservasi Bahan Pustaka


Bertempat di Ruang Rapat I, Lantai Tiga Rektorat Universitas Mulawarman Berlangsung Pelatihan Konservasi dan Preservasi Bahan Pustaka selama dua hari yang dimulai tanggal 15 s/d 16 Oktober 2012. Acara pelatihan dibuka oleh Pembantu Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. H. Afif Ruchaemi, M.Sc., sedangkan Nara Sumber Pelatihan adalah :
  1. Direktur Eksekutif Upt. Perpustakaan UNMUL Ibu Prof. DR.HJ.Zaenab Hanim, M.Pd dengan materi "Alih Media Bahan Perpustakaan ke Digital"
  2. Pustakawan UNMUL Bapak Muhammad Jarnih, S.Sos. dengan Materi "Peran Pustakawan dalam Mitigasi Bencana"
  3. Direktur PT. Berdikari (persero) Bapak Surya, S.Hut, dengan materi "Perawatan dan Perlindungan Bahan Pustaka dan Arsip"
Tujuan utama dari pelatihan  ini adalah mengusahakan agar koleksi bahan pustaka selalu sedia dan siap pakai. hal ini dapat dilakukan dengan melestarikan bentuk fisik bahan pustaka, melestarikan kandungan informasi kedalam media lain (alih media) seperti mikrofilm, mikrofish, foto reproduksi dan fotocopy. atau melestarikan kedua-duanya, yaitu bentuk fisik dan kandungan informasi. Dalam Kesempatan Pelatihan disampaikan Praktek Ke Dunia Digital oleh Uno Studio & Abdul Kadi, S.Sos


Pada umumnya media yang digunakan pada bahan pustaka adalah kertas, baik dalam bentuk buku, surat kabar, naskah, peta, gambar, dokumen dan bahan cetakan lainnya. selain dari pada itu ada juga perpustakaan yang memiliki koleksi foto dan negatif poto. dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bagi perpustakaan yang telah maju sudah melengkapi koleksinya dengan bentuk mikro (mikrofilm dan mikrofish), rekaman suara, film, penyimpan data elektronik, CD-ROM dan lain-lain. semua koleksi tersebut pasti akan mengalami kerusakan. pelestarian bahan pustaka sangat diperlukan untuk menunjang fungsi perpustakaan dalam melaksanakan jasa perpustakaan dengan mengusahakan agar kondisi bahan pustaka terpelihara sebaik mungkin dan siap pakai

preservasi mempunyai arti yang lebih luas, yaitu mencakup unsur-unsur pengelolaan, keuangan, cara penyimpanan, tenaga, teknik dan metoda untuk melestarikan informasi dan bentuk fisik bahan pustaka. sedangkan konservasi adalah teknik yang dipakai utnuk melindungi bahan pustaka dari kerusakan dan kehancuran. 



Laporan Keikutsertaan Pada Pelatihan Konservasi Dan Preservasi Bahan Pustaka


Materi Pelatihan Pelatihan Konservasi dan Preserfasi bahan pustaka adalah sebagai berikut : 

Materi Bapak Surya Sungkara,Sp dari PT. Berdikari (Persero) FUMIGASI PERPUSTAKAAN UNMUL 2012

Materi Konservasi dan Preserfasi Koleksi Perpustakaan dan Arsip (berdasarkan Buku Ross Harvey 1993 Konservasi Dan Preservasi

Berita terkait
http://www.unmul.ac.id/konten/detail/337 
http://www.pnri.go.id/MajalahOnlineAdd.aspx?id=8

Semoga apa yang pustakawan sajikan dalam website ini dapat bermanfaat buat rean-rekan sekalian utamanya buat pustakawan dan pustakawati.