English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cari Postingan

Mari berbagi ilmu dan Bersedekah Lewat Buku


Sedekah Buku
Salah satu yang menjadi program kerja Perpustakaan Bunga Bangsa Islamic School adalah "Infaq Buku" yang mengharapkan hasil agar siswa dapat :

1. Menanamkan sikap saling membantu dalam proses pembelajaran 
2. Menanamkan moral dan budi pekerti bagi siswa 

Program "Infaq Buku"  ini juga merupakan aplikasi pembelajarn IPS, PKN dan Agama serta  dapat Memberikan ruang lebih luas bagi proses perkembangan kepribadian yang baik untuk siswa.

Tak dipungkiri lagi bahwa sebagian besar siswa/siswi kita gemar mengoleksi buku. Buku-buku yang sudah dibaca dikumpulkan rapi dalam lemari buku tersendiri. 
Bahkan tak jarang koleksi buku-buku tersebut menjelma menjadi perpustakaan pribadi/perpustakaan keluarga. Itu adalah hal yang bagus, dan cukup menggembirakan yang menunjukkan semakin besarnya minat baca dan kesukaan siswa/siswi kita akan buku. 
 

Buku akan bermanfaat kalo dibaca. Ilmu yang terkandung di dalamnya akan diserap pembacanya, dan bahkan lebih jauh bisa mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku pembacanya. Sebaliknya, buku akan sekedar menjadi barang hiasan atau pajangan jika dibiarkan teronggok di lemari, tak ada bedanya dengan barang loakan yang lain. Bayangkan, seandainya semua buku yang tersimpan di lemari  dikeluarkan dan dipinjamkan kepada orang lain yang kurang mampu, maka bukan hanya buku tersebut tidak menjadi sia-sia, melainkan juga akan menjadi sedekah ilmu yang luar biasa pahalanya. Kini, sudah saatnya kita ubah pola pikir 'kolektor buku' itu.   


Mari kita berbagi ilmu dan bersedakah melalui buku tanpa adanya paksaan.


Berikut penjelasan mengenai pengertian sedekah agar siswa/siswi dapat lebih memahami makna dan manfaat dari sedekah itu sendiri.

Pengertian Sedekah secara umum  memiliki pengertian menginfakkan harta/benda di jalan Allah swt.. Baik ditujukan kepada fakir miskin, kerabat keluarga, maupun untuk kepentingan jihad fi sabilillah. Makna sedekah memang sering menunjukkan makna memberikan harta untuk hal tertentu di jalan Allah swt., sebagaimana yang terdapat dalam banyak ayat-ayat dalam Al-Qur’an. Di antaranya adalah Al-Baqarah (2): 264 dan Al-Taubah (9): 60.

Kedua ayat di atas menggambarkan bahwa sedekah memiliki makna mendermakan uang/barang di jalan Allah swt. Bahkan pada ayat yang kedua, shadaqah secara khusus adalah bermakna zakat. Bahkan banyak sekali ayat maupun hadits yang berbicara tentang zakat, namun diungkapkan dengan istilah sedekah.

Secara bahasa, sedekah berasal dari kata shidq yang berarti benar. Dan menurut Al-Qadhi Abu Bakar bin Arabi, benar di sini adalah benar dalam hubungan dengan sejalannya perbuatan dan ucapan serta keyakinan. Dalam makna seperti inilah, sedekah diibaratkan dalam hadits: “Dan sedekah itu merupakan burhan (bukti).” (HR. Muslim)

Khusus Bagi Siswa/siswi yang sudah memberikan sumbangsihnya melalui buku, Perpustakaan menghaturkan Terima Kasih yang sebesar-besarnya. Karena kalian telah beramal melalui buku.♥♥♥

Tidak ada komentar: